Translate

Sabtu, 23 Maret 2013

Tentang SMK Jurusan Perhotelan (Part I)

Morning :) , Pagi ini gue pangen share tentang SMK Jurusan Perhotelan (Pariwisata) .
Nah, gue tulis article ini sih dari pengalaman gue ya ..
SMK Jurusan Perhotelan tuh enak gak enak sih , di Jurusan ini kalian akan mendapat kan banyak praktik dari pada teori .. jadi yang kurang suka teori lebih baik mengambil jurusan ini aja ..
Di Perhotelan akan ada tambahan MaPel Seperti :
1. Front Office (FO)
Di FO ini kalian akan di ajarkan cara nya Reservasi Hotel , di setiap hotel pasti adalah yang nama nya Fron Office . Mengisi buku Tamu , Berkomunikasi melalui Telepon dan Faksimili , menghafal kan Kode Eja Internasional dan Indonesia dll .

2. Tata Hidang
Di Pelajaran Tata Hidang ini kalian akan di ajarkan melayanai tamu dengan baik di Restaurant  , di ajari tentang Struktur Restauran, di ajari tentang perlatan makan secara detail , di ajari cara etika makan (Table Manner)  , dan masih banyak lagi . kesimpulan nya di pelajaran Tata Hidang ini kalian akan tau hampir segala nya tentang restaurant . *itusih menurut gue ya , dan menurut pengalaman gue .

3. Dapur Hotel
Di pelajaran Dapur Hotel ini kalian akan belajar caranya memasak , cara memotong bahan-bahan , cara membuat kue dan lain-lain . inti nya di pelajaran ini kalian akan mendapatkan semua hal tentang yang ada di dapur . *ini sih pelajaran favorite gue :)

4. Kolega (di ajarkan saat kelas X)
di Mapel Kolega ini kalian akan belajar tentang Cara Bekerja Sama dengan Kolega dan Pelanggan , Berkomunikasi di Tempat Kerja , Teknik bicara yang baik , pelayanan konsep tindakan dan sebagai nya ..

5. K3 (Diajarkan saat kelas XI)
Kepanjang dari K3 adalah KEsehatan , KEselamatan , dan Keamanan . Di Pelajaran ini kalian akan mempelajari tentang kesehatan , keselamatan , dan keamanan di tempat/area pekerjaan , tentang Ruang Lingkup K3 , dan saya juga pernah di ajarkan oleh guru saya tentang Cara Menangani Situasi saat dalam keaadan darurat .

6. House Keeping / Public Area
Di Pelajaran House Keeping ini kalian akan diajarkan membersihkan kamar dengan sangat baik , menghafal dengan detail barang-barang yang ada di dalam kamar hotel , mengahafal supplies , menghafal bagian-bagian dari roomboy trolley , menghafal Linen dan masih banyak lagi .

7. Bahasa
di SMK Pariwisata pasti akan ada tambahan pelajaran Bahasa , Seperti bahasa jepang , korea , jerman , perancis dll . Tergantung sekolah yang menentukan Pelajaran Bahasa .

 

21 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. kak slam knal sblmnya :) .kak skrang aq bru msuk smk thn ini, dan aq ambil jrsan prhteln. tpi aq bngung entar klo udah lulus aq kan mau kuliah kak, trus aq hrus ambil jrusan apanyaa??kak ksih tau dong aq hrus plih apa..emang susah gak sih kak jrusan prhotlan iniii _ maesya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi mesya telah mampir ke blog aku :)
      maaf ya lama baru di bales , soalnya lagi sibuk cari kuliah .
      aku juga masuk kuliah tahun ini .
      Aku sendiri lulusan SMK Perhotelan , dan aku kuliah sekarang mengambil jurusan manajemen .
      Kalau kamu tanya kenapa aku ambil jurusan manajemen , soalnya di hotel juga ada bagian office nya . Office hotel juga sama seperti lain nya , membutuhkan akuntan , bagian pemasaran , akunting , dll .

      sebenernya kamu akan tahu kamu mau kuliah apa nanti setelah lulus SMK itu saat kamu PKL/Prakerin nanti .
      Di bagian Part Perhotelan aku juga jelasin kok Prakerin kita akan di bagi ke beberapa departement .
      Kecuali bagian office , kalau bagian office biasanya di temapti anak anak PKL dari SMK kayak akuntansi gitu .
      saat di bagi itu , kamu akan rasain , departement apa yang kamu suka .

      atau karena kamu kurang suka praktek , kamu lebih suka mengolah otak , kamu bisa mengambil bagian manajemen , saran aku manajemen saat nanti kuliah , manajemen umum aja , soalnya kalau umum bisa kerja dimanapun , hotel , kantor biasa , restoran dll .

      itu aja saran aku .,
      semoga bermanfaat . kalau kurang jelas tinggal tanya lagi ya , hehehe

      Hapus
    2. Kalo aq boleh kasih saran kamu ambil kuliah di royal London collec Bali disana aq berbagi jurusan.dan dosen Dari inggris.

      Hapus
  3. kak makasih aq paham semua pnjelasan kakakk..klo bleh aq mnta numbr hp_nya kakk biar gmpang tanya nyaa hhehhe klo bleh_maesya

    BalasHapus
  4. Ka, blh nanya? Aku kan masuk perhotelan, tapi bahasa inggris ku kurang. Apa aku mundur saja dari perhotelan? Mksh

    BalasHapus
  5. kaka tahun ini aku mau masuk smk jurusan perhotelan tapi aku masih ragu-ragu aku takut ga bisa, aku mau nanya nihh apa yang sulit dalam jurusan perhotelan??

    BalasHapus
  6. Kalo boleh tau, kaka alumni SMK mana kak?

    BalasHapus
  7. Kak saya juga mau masuk smkn jurusan perhotelan tetapi, "adakah tantangan lain saat masuk jurusan perhotelan selain yang ditulis di artikel Di atas? " Saya tunggu jawabannya kak, makasih.

    BalasHapus
  8. Ak mau tanya gi mana caranya menguasai/(teknik) cepat agar bisa memahami siklus hotel,apa aja yang ada di dalam maupun luar hotel..dan kasi penjelasan agar kita bisa di terima kerja di hotel sehabis lulus dari smsk misalnya smk(perhotelan)

    BalasHapus
  9. Jika ada siswa do dari smk tata boga, terus Masuk ke smk perhotelan, bisa nyambung tidak ya tuh

    BalasHapus
  10. Jika ada siswa do dari smk tata boga, terus Masuk ke smk perhotelan, bisa nyambung tidak ya tuh

    BalasHapus
  11. Kak...Maaf mau tanya... tahun ini aku masuk SMK
    Aku kan awalnya milih jurusan perkantoran, setelah di tes oleh pihak sekolah. Ternyata aku malah terdaftar di jurusan perhotelan
    Yg jadi pertanyaan nya *aku tuh engga minat sama jurusan perhotelan, takutnya kalo engga sesuai minat. Malahan putus ditengah jalan*
    Bagaimana pendapat kakak ??

    BalasHapus
  12. Aku mau nanya dong, kalo jurusan perhotelan negeei itu apa disetiap prakteknya ada biaya tersendiri?

    BalasHapus
  13. haii kakak saya mau tanya saya baru kelas X dari jurusan TKJ tapi sepertinya saya tidak cocok di jurusan tersebut rencana saya mau pindah ketika naik kelas XI ke jurusan ke perhotelan apakah bisa??atau memang saya akan mengulang lagi ke kelas X

    BalasHapus
  14. Ka aku mau tanya, klo misalkan kita lulus SMK langsung kerja dihotel bisa ga? Tanpa kuliah

    BalasHapus
  15. Syarat masuk hotel pake tinggi badan ga

    BalasHapus
  16. Kak kalau jurusan perhotelan harus bisa bahasa inggris,kalau bahasa inggris nya kurang gimana kaka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi vinaya, kalau masih di sekolah si gak harus bisa ya. Yang penting disaat sekolah itu kamu ada kemauan untuk belajar bahasa inggris lagi.

      Hapus
  17. Kak kalau misalkan aku udah lulus smk,apakah langsung kerja di hotel dan di bantu sama sekolah atau gimana kak?

    BalasHapus
  18. Apakah ada yg memiliki buku panduan SMK bisa berbagi lewat email sha Terimakasih 🙏🏻

    BalasHapus