Translate

Sabtu, 23 Maret 2013

Tentang SMK Jurusan Perhotelan (Part II)

SMK Jurusan Perhotelan Part I

Tadi kan di Part I gue udah bahas tentang Pelajaran nya sekarang gue mau bahas tentang PKL/Prakerin nya nih ..
Kalau Perhotelan itu pasti Prakerin nya itu selama 6bulan , kenapa lama ? karena di perhotelan itu kalian akan banyak mengalami hal pembelajaran secara langsung turun kelapangan .

waktu menurut pengalaman gue PKL , waktu Kelas X nya gue 2 bulan  di restaurant . di restaurant itu gue menjadi waitries , kita di ajarkan cara nya melayani tamu dengan baik , seharus nya sih saat di restoran juga tempat departemen nya harus di rolling , jadi gak hanya menjadi waiter aja , kalau di tempat gue PKL itu gak di rolling sama sekali . Kalau gue dengar cerita temen-temen gue mereka itu di rolling ,
Di rolling nya itu di Departement lain :
- Greeter :: Kalau greeter itu kerjanya cuma membuka pintu untuk tamu , menyapa tamu dengan greeting yang baik dan benar , dan juga  mengantar kan tamu ke meja yang sesuai dengan jumlah tamu yang datang .
- Stewerd :: kalau di stewerd kalian akan di ajarkan cara nya mencuci piring dengan benar .
- Pantri :: kalau di bagian pantry tugas nya mengantarkan makanan yang di pesan oleh tamu .. Tapi beda ya dengan waiter , kalau waiter yang menuliskan pesanan tamu , memberi bill kepada tamu , membersihkan meja tamu jika tamu selesai makan dll .
nah itu dia jika kalian PKL di restoran .

Nah , sekarang gue mau bahas kalau PKL di Hotel . Kalau gue saranin sih kalau PKL di hotel tuh kalian carinya minimal binatng III ,
Kalau di Hotel itu ada beberapa Bagian(Departement)
1. Kitchen : Jika kalian mendapatkan di bagian Kitchen kalian akan di ajarkan cara nya memasak , memotong , saran gue kalau kalian sudah selesai pekerjaan nya tapi belum waktu nya pulang mening kalian mencari-cari kesibukan lain , seperti bertanya kepada chef atau koki nya tips-tips untuk memasak dengan baik .

2. Restaurant
Sama seperti hal nya yang gue bahas tadi tentang restaurant :) .

3. Laundry
di bagian ini lo akan di ajarkan cara nya menyuci baju , menyetrika baju , di departement ini kalian akan lebih sedikit santai dari pada di departement lain .

4. Banket
di bagian ini kalian akan di ajarkan cara melayani dan men service orang yang sedang meeting .

5. RoomBoy
Kalau di roomboy kalian akan di ajarkan untuk membersihkan kamar hotel , mulai dari mengganti sheet tempat tidur , mengganti linen yang ada di bath room dan bed room , dan masih banyak lagi *jadi yang biasa nya kamar nya berantakan kalau mendapatkan departemen ini kamar kalian akan rapih hahahahah

6. Public Area 
Kalau Public Area tugas nya membersihkan seluruh bagian hotel kecuali Kitchen .

kalau PKL sih di bawa santai aja , jangan di bawa gelisa , kalau di bawa happy happy aja sih jadi nya enak , dan gak berat hati untuk menjalankanya :)
Nah jadi setelah lulus saat mendapatkan salah satu Departement yang di atas kalian gak bingung kalian harus kerjanya ngapan kan ? dan biasa nya kalau kerja di hotel tuh ada part2 jam kerjanya kayak kalian masuk malam atau pagi . kalau PKL pasti akan selalu endapakan masuk Pagi , gak akan mungkin malam . Nah, kalau jam Kerja nya sehari hanya 8Jam aja .

Ini cerita menurut gue ya , dan menurut pengalaman gue ..
Semoga bermanfaat buat kalian yang mau lulus SMP ..
 Good Luck

Dan yang perlu kalian Tau , rata - rata sekolah pariwisata itu ngadain Overland Tour Bali ,
Kalau sekolahan gue sih Waktu kelas X nya Overland Tour Bali-Surabaya-Yogyakarta . dan pas kelas XI ngadain Overland Tour Sumatra .
Gue sekolah di :
  1.  Nama Sekolah            :  SMK Kartini Jakarta
           Jenis Sekolah              :  Swasta
           NSS                           :  66 2 01 60 02 001
           NPSN                        :
           Satus Sekolah             :  Swasta
                                                Terakareditasi A tahun 1999

           Program Keahlian       :  Akomodasi Perhotelan
                                                Usaha Perjalanan Wisata
                                                 Jasa Boga
          Alamat Sekolah           :  Jl. Kartini Raya No 26
          Kelurahan/Kecamatan :  Kartini/Pasar Baru
          Kota                           :  Administrasi Jakarta Pusat
          Propinsi                       :  DKI Jakarta
          Telephone/Fax             :  (021)6597662/(021)6240755
           Email                          :  smkkartininusantara@yahoo.co.id

Okey finish ya , kalau mau tanya-tanya lagi comment aja , siapa tau gue bisa jawab .
maaf ya kalau ada salah salah kata 
::alfiah nurrahma::

14 komentar:

  1. ka, aku kan baru lulus smp nih. aku nih sekarang udah keterima di smk 57 jakarta, aku pilih jurusan perhotelan. nanti pas lulus kan aku mau kuliah lagi. tapi tuh kuliah nya jurusan apa ya kak? aku gak mau jadi pembantu dihotel kak yaallah. itu jurusan perhotelan nyiksa banget ya. -isabella

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ka mau nanya boleh?
      Aku kan baru lulus nih, aku mau daftar di smkn 57, nah pas kk daftar itu dites apa aja ya?
      Mohon dibales ya ka

      Hapus
  2. iya , emang perhotelan kayak gitu . terasa tersiksa banget . aku juga nyesel kok waktu tau perhotelan tu kayak jadi babu hotel . yaa , tapi aku jalani semua nya dengan ikhlas . mau gak mau ya harus di jalanin .
    Kalau kuliah nya aku saranin kalau mau yang praktik tapi gak mau jadi babu hotel ambil saja jurusan Tata Boga/Pastry atau juga bagian perhotelan administrasi .
    1. Tata Boga
    kalau kamu di jurusan tata boga pas kuliah , kamu akan di ajarkan cara memasak , mulai dari western , indonesia , asian food dan sampai membuat kue . tapi kalau di tata boga membuat kue nya tidak terlalu dalam mempelajari nya .
    2. Pastry
    kalau di pastry sebenarnya sama saja dengan Tata Boga , hanya saja , di Pastry kamu akan di ajarkan tentang membuat kue lebih dalam lagi . jadi mungkin kamu bisa menjadi Chef Pastry
    3. Perhotelan Administrasi .
    di jurusan ini , kamu tidak berkerja menggunakan tenaga , tapi kamu menggunakan fikiran kamu . ya sama saja seperti belajar accounting . hanya beda nya kamu juga memepelajari tentang dunia perhotelan .

    Kebetulan aku sekarang baru naik ke kelas XII . jadi, rencana nya aku akan ambil bagian PASTRY . karena aku suka sekali dan hobi membuat kue .

    yaa , itu yang aku tau dari wawasan dan pengalam aku .
    makasih ya udah baca blog ku :) .

    BalasHapus
  3. Kak aku kelas 3 smp nih, cita cita jadi chef pastry, masuknya smk jurusan apa ya baiknya? Aku bingung serius kak. Kuliah juga masuknya jurusan apa? Setau aku jurusan untk jadi pastry chef itu culinary art sih, cmn skrg ksn culinary art gaada di ind. Jadi gimana ya kak? Semacam terlalu dini sih mikirin kuliah, cuman buat prepare aja gitu. Terimakasih sebelumnya kak :-)

    BalasHapus
  4. kak pnya chanel hotel gk?? bntu dong pliss sms no aku
    08992302911 rencananya mau ambil psatry or tataboga kak dobantu yaa
    -king indrawan

    BalasHapus
  5. ka pkl di jurusan perhotelan gajinya berapa?... dan misalnya kalau sudah kerja di hotel kira kira gajinya berapa?

    BalasHapus
  6. Kak apa yang buta warna bisa masuk jursan perhotelan?

    BalasHapus
  7. Kak, aku daftar di smk 30, jurusan perhotelan. Kak emg di perhotelan kita jadi kyk ob gitu ya ? Jadi kyk pembantu gitu ya ? Apa gak ada hal yg bagus soal perhotelan ?

    BalasHapus
  8. Kak, aku daftar di smk 30, jurusan perhotelan. Kak emg di perhotelan kita jadi kyk ob gitu ya ? Jadi kyk pembantu gitu ya ? Apa gak ada hal yg bagus soal perhotelan ?

    BalasHapus
  9. mau nanya dong kak, kan saya jurusan perhotelan dismkn negeri, nah pklnya kan kelas 2 itu bayar gak ya??

    minta jawabannya ya kak
    zakaria indra

    BalasHapus
  10. Kak saya juga mau masuk smkn jurusan perhotelan tetapi, "adakah tantangan lain saat masuk jurusan perhotelan selain yang ditulis di artikel Di atas? " Saya tunggu jawabannya kak, makasih.

    BalasHapus
  11. Ka aku mau msk smk negri ambil jurusan perhotelan, tesnya kaya gimana ka? Interviewnya kaya gmn ka? Agak ngeri pas dites gagal:(
    Tolong bls ya ka dikit lagi buka pendaftaran:(

    BalasHapus
  12. Kka ak kan baru lulus SMP nah niatnya pingin msk perhotelan tpi tesnya kayak mana yaa kak..

    BalasHapus