Translate

Rabu, 30 April 2014

Tentang Jurusan Perhotelan PART III

Sekitar beberapa bulan lalu gue pernah menulis article *TENTANG JURUSAN PERHOTELAN PART I & II* 
Sekarang waktu nya gue ngebahas PART III . PART III ini gue ngebahas saat pengalaman gue di Kelas XII . *Sorry sorry aja ya kalau gue bahasa nya agak agak gak nyambung , soalnya gue gak piuntar merangkai bahasa hihihi, Jadi maklumin aja* Kita langsung bahas aja yukk 

Waktu pertama gue naik kelas XII itu emang santai aja , seperti kita naik naik kelas biasanya . Semester pertama gak begitu sibuk . Ya ada UTS , Ulangan Semester dan PM di sekolah gue itu Rabu dan Sabtu . Kalau Rabu gue PM Mapel Produktif dan Kalau Sabtu ya belajar MAPEL Matematika , B. Inggris , dan B. Indonesia . Soalnya kan kalau SMK itu Ujian nya Tanpa IPA atau IPS . Tapi Matematika , B. Inggris , B. Indonesia & Produktif (Mapel Kejuruan) . 

Seperti yang gue bilang tadi , Saat awal semester Ganjil di kelas XII itu gak begitu sibuk . Tapi kalau di sekolah gue ada Sidang Karya Tulis waktu December . Tapi mulai mengerjakanya itu dari bulan September . 
* KARYA TULIS * 
Karya Tulis itu semacam Skripsi yang kayak anak kuliahan . Hanya saja Karya Tulis kemungkinan kata kata nya tidak terlalu tinggi seperti Skripsi . Di Karya Tulis itu kita akan menulis laporan tentang hal - hal yang kita lakukan di Prakerin kemarin saat Kelas XI . Di sekolahan gue saat kita buat karya tulis itu akan di bimbing oleh 2 orang guru . Murid dari di setiap kelas perhotelan di satukan dan di bagi jadi beberapa kelompok . Masing masing kelompok mempunyai 2 Pembimbing . Oleh pembimbing kita akan diajarkan cara membuat karya tulis , mulai dari judul , latar belakang , tujuan dll . Langkah langkah nya hampir sama dengan membuat Proposal . Kalau gue dibimbing di Lab Komputer itu sekitar 4kali Pertemuan . Ya diiy=tung aja Hanya dalam Sebulan dan itu cuma 4kali pertemuan . Setelah itu kita mengetik sendiri . Jika kita merasa Karya Tulis kita sudah sempurna . Sebaiknya , kamu lapor kepada pembimbibg kamu . nanti pembimbing kamu baca . dan jika ada kata kata kamu yang salah , pembimbing kamu akan membenarkanya . Sudah selesai Melaporkan kepada pembimbing kamu dan kalau dia bilang udah Okay so kamu bisa Print dan Jilid . Setelah itu kita tinggal menunggu SIDANG KARYA TULIS . Dna itu yang membuat gue deg-deg.an banget . Jeng Jeng ... Hari Sidang Karya Tulis pun Mulai .Gue sama temen temen pun masih menghafal untuk melancarkan apa yang udah gue tulis . Waktu orang yang tes nya a datengg ke sekolah gue , jantung gue pun deg-deg.an banget . Dan waktu sidang pun sudah dimulai . Dikarenakan nama gue ALFIAH dan huruf depan nya itu A , yaudalah pasrah aja gue di panggil duluan . Gue pun masuk ke ruangan sidang , gue lihat ada 3 pembimbing . Yang Pojok Kiri gue itu adalah seprang bapak bapak , kalau yang tengah itu perempuan muda memakai jilbab , dan terakhir itu ibu ibu yang gue kira dia orang batak hihihihi . Dan ternyata gue dites sama yang pakai kerudung . wktu gue duduk aja udah keringetan hahahah . Eh susah susah gue ngapalin ternyata yang di tanya itu itu aja ya paling :
1. Apa aja yang kamu lakukan di hotel ?
2. Kamu waktu prakerin dapat di bagian apa aja dan bla bla bla 
kebanyakan yang di tanya itu bukan yang berhubungan dengan karya tulis yang udah capek gue ketik dan gue hafal . huffffftttttttttttttt........rasa kesel sih ada , tapi seneng juga jadi gue ngejawab pertanyaan dia tanpa terbatah batah . Gue jawab [ertanyaan dia dengan santai dan mengeluarkan apa yang ada di otak gue aja . hahahah selesai lah gue dites . rasa nya itu legaaaaaa banget . dan tinggal menunggu hasil aja . 
Nah itu pengalaman gue waktu karya tulis . Kalau mau ada yang bertanya seputar jurusan smk perhotelan silakan aja comment disini . 

Tips gue buat yang bikin Karya Tulis . kalau bisa itu tentang Bagian House Keeping bagian Roomboy ya guys . Soalnya kalau bagian roomboy itu gampang banget kok . lo cuma ngejelasin cara making bed , chemical dan equepment nya aja yaa . Tapi kalau lo jelasin PUBLIC AREA , behhhh kayalak temen gue deh nanti nya yang di hafalin itu Chemical dan equepmant nya banyak bangettttttt . 
dan kalau bisa pengalaman lo prakerin di hotel ya . jadi lo gak bakalan bingung apa yang mau lo tulis . 
dan waktu sidang jangan gugup , supaya otak lo gak muter kemanamana . 

cuma itu aja tips dari gue . Sekian dulu ya gue lanjutin besok Part IV nya . 
Udah malem dan capek ngetik nya wkwkwkwk 

Semoga bermanfaat buat semuanya :))

Tidak ada komentar:

Posting Komentar